Business

Animasi 3D Bukan Hanya Tentang Animasi

Saya telah mengatakan ini berkali-kali dan saya akan terus mengatakannya – kebanyakan orang mempelajari animasi 3D untuk melakukan animasi dan tidak ada alasan yang lebih buruk untuk masuk ke industri ini. Saya mengatakan ini karena mereka datang untuk alasan yang salah, dan akan pergi karena alasan yang salah.

Pertama kali kebanyakan orang terkena animasi 3D biasanya mereka disuguhkan dengan fitur kartun animasi seperti Toy Story, Shrek, Finding Nemo, Incredibles dan sejenisnya. Tak pelak banyak orang yang tertarik pada industri dengan cita-cita untuk menggarap produksi akbar tersebut. Dan mau tidak mau menjiwai karakter menjadi alasan utama kebanyakan orang terjun ke industri animasi.

Sayangnya, kenyataan pahitnya adalah sebagian besar artis CG akhirnya melakukan sesuatu selain animasi karakter. Perhatikan saya menggunakan kata ‘artis CG’ – yang merupakan singkatan dari seniman grafis komputer – alih-alih kata ‘animator’. Hal ini karena secara tegas, seorang ‘animator’ adalah seseorang yang berprofesi hanya untuk menghidupkan. Pada kenyataannya, seseorang yang mempelajari animasi 3D bisa mendapatkan pekerjaan selain ‘animasi’. Prospek alternatif ini termasuk texturing, modeling, rigging, lighting atau bahkan rendering.

Ini diterjemahkan ke dalam pekerjaan sebagai seniman tekstur, pemodel 3D, rigger, seniman pencahayaan, atau pembuat render. Di bawah ini saya akan menjelaskan secara singkat berbagai lingkup pekerjaan, termasuk seorang animator.

Texturing Artist – Seseorang yang melukis dan membuat tekstur untuk dibungkus ke dalam model 3D. Tugasnya adalah membuat ‘kulit’ untuk model 3D sehingga terlihat persis seperti yang seharusnya.

Pemodel 3D – Seseorang yang membuat model 3D yang diperlukan untuk mengisi adegan di lingkungan 3D. Proses ini disebut pemodelan di mana seniman memanipulasi mesh untuk membuat struktur yang koheren, yang dapat dimanipulasi lebih lanjut untuk menjadi objek yang dapat dikenali dalam lingkungan 3D.

Rigger – Seseorang yang menciptakan sistem tulang yang diperlukan agar sesuai dengan model 3D dan kemudian mengikat keduanya bersama-sama sehingga animator akhirnya dapat menganimasikan model 3D dengan memanipulasi sistem tulang.

Animator – Seseorang yang satu-satunya tanggung jawab adalah untuk menghidupkan. Subjek mungkin tidak selalu berupa karakter. Ini mungkin efek khusus, gerakan kamera, tindakan mekanis, mutasi kuman … dll. Singkatnya, seorang animator dituntut untuk menganimasikan apapun yang bergerak.

Lighting Artist – Seseorang yang mengkhususkan anime lovers apk diri dalam menyiapkan lampu untuk lingkungan 3D tertentu dalam adegan tertentu. Adalah tugasnya untuk memastikan bahwa lingkungan terlihat persis seperti yang seharusnya terlihat dan terasa persis seperti yang seharusnya dirasakan.

Render Wrangler – Seseorang yang bertanggung jawab atas render farm dan memastikan bahwa setiap frame gambar 3D dihasilkan dengan benar oleh komputer.

Di atas adalah berbagai aspek produksi 3D yang khas, dan dengan demikian berbagai cakupan pekerjaan seniman CG mungkin berakhir. Kursi untuk pekerjaan animator adalah yang terpanas dan paling kompetitif. Sebagian besar perusahaan hanya menginginkan animator paling berbakat. Jika Anda tidak cukup baik, Anda hanya perlu melakukan sesuatu yang lain.

Ini adalah saat kenyataan menyerang animator yang penuh harapan. Yang kuat tetap berjuang dan akhirnya mendapatkan apa yang mereka inginkan jika mereka cukup berbakat. Yang lebih lemah pergi dengan hati yang hancur tanpa kata yang baik untuk dikatakan tentang industri ini.

Menjalankan perusahaan animasi 3D, saya telah mewawancarai banyak seniman CG muda yang baik yang datang untuk pekerjaan. Sangat sering, saya meluruskan dari awal bahwa Mediafreaks melakukan segalanya mulai dari serial kartun hingga animasi dokumenter hingga animasi medis. Dan jika mereka datang dengan harapan hanya melakukan animasi karakter maka mereka berada di tempat yang salah. Saya kehilangan beberapa potensi bakat yang baik sebagai hasilnya. Tetapi menetapkan harapan mereka yang salah sejak awal dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan dalam jangka panjang.

Saya mendorong calon seniman CG untuk mempertimbangkan hal ini ketika mereka mendekati profesi 3D. Jika mereka hanya ingin menjadi animator karakter, maka mereka harus siap dengan kenyataan bahwa sangat sedikit perusahaan di dunia yang memiliki posisi penuh waktu seperti itu. Ini berarti mereka benar-benar harus sangat sangat baik karena kursi terbatas.